24
Jul

5 Alasan Mengapa Anda Harus Bisa Menghitung Bunga Deposito

Bagi anda yang memiliki tabungan di bank maupun yang akrab dengan urusan perbankan, tentu Anda sudah tak asing lagi dengan istilah bunga deposito. Tidak lain tidak bukan, bunga deposito adalah saldo yang akan diberikan kepada nasabah atas uang simpanannya di bank. Sebagai seorang nasabah, kita sebaiknya turut mengedukasi diri mengenai cara menghitung bunga deposito. Berikut 5 alasan kenapa Anda sebaiknya mengetahui cara penghitungan ini.

  1. Mudah Dalam Menghitung Keuntungan

Bila kita mampu menghitung bunga deposito, tentu kita dapat memperkirakan keuntungan yang kita dapatkan dalam tenor atau jangka waktu yang kita pilih. Tenor yang berlaku terdiri dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Semakin lama tenor yang dipilih semakin tinggi pula bunga deposito yang nasabah dapatkan.

  1. Mengetahui Penambahan Simpanan

Ada beberapa bank yang dapat memudahkan nasabah dalam menerima bunga deposito simpanan. Jadi, nasabah dapat memilih, ingin menyimpan atau mengambil bunga deposito yang dimilikinya. Misalnya, dalam rentang waktu setiap bulan pihak bank langsung mentransfer bunga deposito ke nomor rekening nasabah. Jadi, nasabah akan mendapat penghasilan rutin per bulan dan mengetahuinya dengan pasti karena telah mengetahui cara menghitung bunga deposito sebelumnya.

  1. Merencanakan Keuangan dengan Baik

Jangka waktu atau tenor yang berlaku membuat Anda mesti bersabar terhadap bunga dan uang simpanan yang ada. Ada beberapa bank yang  akan memberikan biaya penalti akibat nasabah mengambil simpanan sebelum waktu yang telah disepakati. Nah, hal ini pun mau tidak mau akan mengajarkan Anda untuk merencanakan keuangan dengan lebih baik lagi.

  1. Melatih Kejelian Nasabah

Nasabah harus jeli terhadap bank yang menawarkan bunga deposito tinggi karena maksimal besarnya bunga deposito dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Jangan mengambil risiko untuk menginvestasikan uang Anda di bank dengan bunga deposito tinggi kecuali Anda telah benar-benar siap dengan segala kemungkinan yang ada.

  1. Memenuhi Kebutuhan Masa Depan

Sebelum mendepositokan uang, Anda pasti sudah terlebih dahulu memperkirakan kebutuhan yang akan datang misalnya untuk biaya pendidikan. Dengan sejumlah uang yang Anda miliki sekarang yang di kemudian hari dikalikan dengan bunga deposito yang diperoleh, maka Anda bisa menanggulangi masalah tersebut.

Mengetahui cara menghitung bunga deposito memiliki banyak keuntungan bagi nasabah, bukan? Jadi, jika Anda adalah orang yang memiliki perencanaan masa depan yang matang, jangan ragu untuk mendepositokan simpanan Anda! Investasi masa depan yang patut diperhitungkan!