14
Apr

Penyakit Berbahaya Pada Anjing

Tak ada yang lebih menyayat hati daripada melihat pet kesayangan kesakitan. Walau sudah ditemukan beberapa vaksin dan metode pengobatan medis terhadap beberapa penyakit berbahaya berikut, namun pencegahan tetaplah sangat penting. Inilah 6 penyakit berbahaya pada anjing yang perlu diwaspadai.

Rabies

Ini merupakan penyakit paling mematikan yang diderita anjing yang dapat tertular dari binatang lain yang mempunyai darah hangat. Rabies sendiri merupakan penyakit umum yang menyerang anjing liar. Penyakit rabies sangat berbahaya sebab bisa ditularkan pada manusia melalui gigitan dan dapat menyebabkan kematian bila terlambat ditangani. Penyebab penyakit rabies adalah virus rabies yang menyerang jaringan syaraf. Penyakit ini bisa di cegah dengan cara vaksinasi rabies pada anjing usia 5 bulan.

Kanker

https://www.sheknows.com/pets-and-animals/articles/1003923/can-you-prevent-canine-cancer

Semua jenis anjing beresiko mengidap penyakit kanker termasuk yang liar sekalipun. Kanker biasanya menyerang area kulit, tulang dan organ tubuh lain. Contoh penyakit kanker pada anjing adalah kanker darah, hemangiosarcoma, osteosarcoma, tumor sel tiang, melanoma, squamous-cell carcinoma, dan lainnya. Gejala umum kanker pada anjing adalah pembengkakan abnormal, nyeri atau sakit yang tidak kunjung sembuh, berat badan tubuh, kurang nafsu makan, bau anjing yang berbeda, cepat lelah, pincang, susah bernapas, buang air kecil dan besar tak normal.

Leptospirosis

https://www.safebee.com/family/when-take-sick-pet-vet

Penyakit Leptospirosis di sebabkan oleh bakteri “leptospira sp.” yang menyerang limfa, organ hati, mata, system syaraf serta dapat bertahan lama di ginjal. Gejala yang ditimbulkan penyakit ini yaitu demam, sakit pada otot otot, lamban atau kurang bersemangat dan diare. Leptospirosis bisa menyebar baik pada manusia maupun pada hewan lain seperti tikus melalui sentuhan pada urine yang di keluarkan penderita. Pencegahan bisa dilakukan dengan memberikan Vaksin Leptospira, dalam setahun biasanya anjing divaksin 2 kali.

Hepatitis

https://www.norwoodvets.co.uk/articles

Hepatitis pada anjing disebabkan oleh virus ‘Canine Adeno Virus-1(CAV-1’) yang menyerang hati atau lever, ginjal dan dinding pembulu darah memalui urine, feses serta air liur. Hepatitis pada anjing bebeda dengan hepatitis pada manusia, hepatitis pada anjing hanya dapat menular pada anjing serta tidak menyebar pada manusia. Gejala yang di timbulkan berupa demam, tidak nafsu makan, lesu, muntah,berak darah, pencegahan pada penyakit ini bisa menggunakan vaksinasi yang sering di kombinasikan dengan vaksin distemper anjing.

Parvovirus

Penyakit Parvovirus di sebabkan oleh virus ‘Canine Parvovirus tipe 2(CPV-2)’ yang hidup menempel di sekitar lingkungan, misalkan pada pakaian, kandang, tempat makan dan lainnya. Virus ini disebarkan oleh kecoa atau serangga kecil lainnya. Gejala-gejala yang di timbulkan berupa muntah, diare, hingga berak darah. Penyakit ini bisa dicegah dengan menjaga kebersihan kandang dan peralatan lainnya. Sering seringlah menjemur kandang dan membersihkan peralatan lainnya untuk mencegah penyakit Parvovirus ini. Anjing juga mesti mendapat vaksinasi Parvo sebelum anjing berumur 3 bulan.

Canine Distemper

https://dogtime.com/dog-health/general/307-distemper

Canine Distemper merupakan penyakit yang disebabkan virus paramyxoviruses yang paling sering diderita anjing pada usia 3 sampai 6 bulan. Virus ini dapat menyebar melalui air liur, tinja dan air seni yang mungkin terkontaminasi pada air atau makanan dengan masa inkubasi 3-22 hari setelah terjangkit dimana demam akan timbul setelah 3 sampai 6 hari.

Virus cenderung akan menyerang organ limpa, jaringan kulit dan saraf yang kemudian akan memasuki saluran arah sehingga menginfeksi sistem pernapasan, pencernaan dan sistem saraf pusat yang disertai gejala mimisan dan darah keluar melalui daerah sekitar telapak kaki anjing. Virus ini menyerang anjing berusia muda dan tua yang tidak mengalami vaksinisasi. Untuk itu disarankan untuk diberikan vaksin setiap 1 sampai 3 tahun sekali.

 

sumber: https://qubicle.id/story/6-penyakit-berbahaya-yang-harus-diwaspadai-pada-anjing